Saturday, December 24, 2011

Membuat Usaha Dengan Modal Pas-pasan? Mengapa Tidak!

http://ciputraentrepreneurship.com/tips-bisnis/47-memulai-bisnis/8867-membuat-usaha-dengan-modal-pas-pasan-mengapa-tidak.html

bisnis_dengkul90


Modal, modal, modal. Adalah satu hal penting dalam berwirausaha. Namun, perlu diingat bahwa dengan modal pas-pasan atau bahkan tanpa modal sepeser pun, seseorang seharusnya bisa maju menjadi entrepreneur. Asalkan ia memiliki tekad baja yang kuat untuk mewujudkan impiannya, modal bisa digeser menjadi nomor kesekian.

Perkembangan dunia usaha belakangan ini semakin menunjukkan grafik yang positif. Banyaknya pelaku usaha baru yang terjun dalam dunia entrepreneurship merupakan satu dari sekian banyak buktinya. Dengan demikian, persaingan diantara para entrepreneur itu sendiri pun akan semakin ketat. Karenanya, bila entrepreneur hanya memikirkan modal dan modal saja, bisnisnya takkan maju-maju. Ada begitu banyak hal yang harus dibenahi serta dipikirkan agar bisa “terjun dengan selamat” dan terus eksis di dunia entrepreneurship.

Supaya lebih mengerti pemahaman tersebut, berikut adalah beberapa alasan mengapa modal tak harus melulu menjadi kambing hitam agar Anda tak segera memulai usaha Anda saat ini juga.

  1. Berpatok pada modal bisa membawa Anda pada situasi mencari bantuan pada investor. Bila investor sudah campur tangan, usaha yang Anda jalani bukanlah murni milik Anda. Ini berarti Anda tak bisa berkreasi secara total dalam mengembangkan usaha karena terbentur pada masukan, opini atau pendapat si investor tersebut. Hal ini mengurangi kemandirian Anda dalam mengelola usaha.
  2. Modal yang pas-pasan membuat Anda lebih andal dalam mengatur serta membuat perencanaan keuangan dengan bijak.
  3. Dengan modal pas-pasan, daya kreatifitas serta pengetahuan Anda dalam berbisnis dituntut dan diuji setinggi mungkin. Mau tak mau, Anda harus memikirkan strategi dan promosi yang bisa dipakai dengan cost serendah mungkin atau bahkan tanpa harus mengeluarkan uang sepeser pun.
  4. Modal yang tak seberapa memaksa Anda untuk merintis usaha dari nol. Ini merupakan langkah awal yang baik sebab mengajarkan Anda untuk tak berpangku tangan tapi justru bekerja optimal. Seberapa pun hasil yang diperoleh pasti akan sepadan dengan keringat yang telah Anda kucurkan tersebut.
  5. Tingkat kepuasan yang diperoleh dalam menjalani usaha minim modal diyakini lebih tinggi dibandingkan dengan mengelola usaha berbasis modal berlimpah. Itu karena kegigihan, kesabaran serta konsistensi Anda dalam mengelola bisnis tersebut benar-benar merupakan perjuangan yang layak dipuji bila kelak Anda telah meraih sukses. (*/dari berbagai sumber)

No comments: