Saturday, March 21, 2015

Sri Mulyani: Ada Kesempatan Besar Pada Reformasi Energi

http://www.fiskal.co.id/berita/fiskal-4/4881/sri-mulyani:-ada-kesempatan-besar-pada-reformasi-energi#.VQ5ls_mUdqU

Sri Mulyani: Ada Kesempatan Besar Pada Reformasi Energi | Fiskal.co.id
Sumber Foto: Bussines Inquirer

Sri Mulyani Indrawati Managing Director World Bank, bersama rekannya Kaushik Basu kepala Ekonomi Universitas Cornell menulis untuk Gulf Times (20/02) bahwa penurunan harga minyak cenderung memiliki dampak sangat positif besar pada ekonomi global - lebih besar daripada kebanyakan pengamat perkirakan dan prediksi.

Dan 
jika pemerintah mengambil keuntungan dari harga minyak yang lebih rendah hari ini untuk melaksanakan reformasi energi, manfaatnya akan dapat meningkatkan fitur struktural ekonomi mereka dikemudian hari.
Alasan utama mengapa dampak penurunan harga itu sejauh ini diremehkan adalah bahwa tidak ada yang tahu berapa lama ini akan berlangsung. Dan, memang, pergerakan harga di masa lalu memberikan sedikit gambaran dalam hal ini. 
Ketika harga jatuh pada tahun 2008, harganya naik kembali hampir lebih cepat dari para ahli bisa prediksikan "normal baru"; adapun pada 1986-1987 drop, harga tetap rendah selama satu setengah dekade. Artinya ada fluktuasi.
Kali ini, lintasan harga kemungkinan akan ditentukan oleh pemain baru dalam permainan energi: serpih minyak. Biaya marjinal produksi shale minyak (biaya terus memompa) bervariasi dari $ 55 sampai $ 70 per barel. Menambahkan $ 5 profit margin, dan kurvapasokan minyak sekarang mengalami segmen horizontal panjang dan dekat di kisaran sekitar $ 60-75 per barel.
Terlepas dari permintaan, ini akan menjadi kisaran alami untuk harga minyak - menyebutnya "rak shale" - dan kemungkinan akan tetap di tempat untuk jangka waktu yang berlarut-larut.
Ini memberikan beberapa wawasan ke dalam keputusan OPEC November lalu untuk tidak mengurangi pasokan. Arab Saudi benar dengan alasannya bahwa pemotongan produksi tidak akan meningkatkan harga, tetapi hanya memberi ruang untuk pemain baru untuk masuk dan merebut pangsa pasar.
Tentu saja, pola ini bisa terganggu, jika, katakanlah, jika ada perang atau konflik besar di wilayah yang bisa membatasi pasokan ekspor minyak yang cukup untuk menyebabkan kenaikan pada rak shale. Namun, dengan tidak adanya kejutan yang tak terduga besar, perusahaan minyak akan tetap berada di bawah tekanan untuk terus menjual minyak, bahkan dengan harga yang rendah, karena mereka mesti membayar utang pada investasi ketika harga minyak yang tinggi. 
Tekanan ini adalah tepat apa yang mendorong harga minyak sangat rendah pada bulan Desember dan Januari.
Dengan catatan macam ini sangat masuk akal untuk mengharapkan pasokan minyak tetap berlimpah, dan harga tetap moderat, sampai 2016 - tren ini yang akan meningkatkan pertumbuhan global diperkirakan 0,5 poin persentase selama periode ini. 
Dampaknya akan sangat besar bagi negara-negara seperti India dan Indonesia, di mana tagihan untuk impor minyak sebanyak 7,5% dari PDB. Bahkan, giro India, yang telah mengalami defisit selama bertahun-tahun, kemungkinan akan mencatat surplus tahun ini.

Peristiwa ini juga menciptakan kesempatan yang langka untuk kebijakan reformasi energi.Di mana sekian banyak negara membuang bahan bakar subsidi, dalam konsumsi yang boros. Harga minyak yang rendah menawarkan pembukaan yang ideal untuk mengurangi subsidi, sehingga melepaskan dana untuk pemerintah pada layanan dasar dan program-program kesejahteraan sosial yang memajukan pengurangan kemiskinan.
Namun berharap subsidi lebih rendah pada suatu negara seringkali tidak berarti. 
Di negara-negara di mana pemerintah menentukan harga BBM - seperti India dan Indonesia  - harga pasar yang lebih rendah akan mengurangi subsidi secara otomatis. Itulah sebabnya menekan subsidi menjadi hilang tujuan bagi negara-negara tersebut.
Tujuannya harus bergeser dari sistem harga tetap, dengan penyesuaian-ditetapkan pemerintah sesekali, untuk rezim harga berbasis pasar, di mana pemerintah membuat janji kredibel untuk tidak membatasi harga, dengan pengecualian yang telah ditentukan keadaan ekstrim 

Sementara langkah tersebut akan memiliki efek yang dapat diabaikan pada harga sekarang, akan memberikan negara-negara keuntungan besar selama fluktuasi harga minyak di masa depan, karena konsumen dan pemasok ritel tidak lagi terputus dari sinyal harga.
Di tengah semua kabar baik ini, dua keprihatinan serius menonjol. 
Dalam jangka pendek, penurunan harga minyak membuat tantangan serius bagi mereka yang, berinvestasi memperluas produksi ketika harga tinggi, sekarang menghadapi biaya besar dan gagal bisnis. 
Lebih bermasalah, harga minyak yang lebih rendah mendorong konsumsi yang berlebihan - dampak lingkungan jangka panjang yang akan diperparah oleh insentif melemahnya investasi dalam sumber-sumber energi alternatif.


Pembuat kebijakan harus mengakui risiko inidan menerapkan kebijakan untuk menanggulanginyaSecara khususpemerintah harus mengalihkan uang yang merekasimpan pada minyak dan subsidi untuk program yang ditargetkan ditujukan untuk membantu orang keluar dari kemiskinandan mereka harus memberikan insentif pajakinovasi dan investasi dalam energi bersih.

Dengan pendekatan yang benarvolatilitas minyak harga saat ini bisa berubah menjadi titik balik penting di jalan menuju masa depan yang lebih fiskal berkelanjutanditandai dengan kemakmuran bersama dan kemajuan pada pengurangan kemiskinan.***
Red (Gulf News)

No comments: