Thursday, February 12, 2015

6 Tugas Seorang Chief Marketing Officer (CMO) Menurut Philip Kotler

Ciputra Entrepreneurship
http://www.ciputraentrepreneurship.com/penjualan-dan-pemasaran/6-tugas-seorang-chief-marketing-officer-cmo-menurut-philip-kotler



Philip Kotler ialah penulis bidang marketing berdarah Ukrainia-Amerika. Ia juga menjadi seorang konsultan pemasaran yang diundang dalam banyak seminar. Di samping itu, ia mengajar dan menjabat sebagai S. C. Johnson Distinguished Professor of International Marketing di Kellogg School of Management, Northwestern University.
Kotler berpendapat bahwa ada 6 tugas pokok seorang CMO. Berikut adalah penjelasannya:
  1. Mewakili aspirasi konsumen. Kotler mengatakan Voice of Customer (VoC) harus diwakili oleh kehadiran seorang CMO dalam sebuah korporasi. 
  2. Memantau lansekap/ medan bisnis yang terus berkembang dan mengumpulkan opini dan masukan dari para konsumen. Medan persaingan bisnis tidak stagnan, tetapi selalu dinamis dan berubah-ubah setiap waktunya. Konsumen dan pasar juga demikian. Seorang CMO harus bisa memonitor perubahan yang terjadi dan melaporkannya pada perusahaan sehingga perusahaan bisa beradaptasi dan mengantisipasinya dengan sigap.
  3. Menjadi pengawal bagi perusahaan. Pengawal yang siap melayani kapan saja, itulah yang diperlukan oleh perusahaan dari seorang CMO andal. Terutama jika terjadi krisis dalam perusahaan, yang berhubungan dengan pemasaran, seorang CMO harus siap siaga memberikan tanggapan dan reaksi.
  4. Memperbaiki teknologi pemasaran dan ketrampilan pemasaran dalam diri staf perusahaan. Teknologi adalah salah satu unsur terpenting dalam bisnis yang dinamikanya tinggi. 
  5. Memperkaya sinergi dan portofolio perusahaan dengan lebih banyak masukan segar. Dengan masukan yang penuh opini dan pandangan baru dan menginspirasi, perusahaan akan bisa bergerak lebih lincah dalam persaingan.
  6. Mengukur dan menjelaskan tentang kinerja keuangan pemasaran. Sebagai salah satu bidang yang penting artinya bagi keberlangsungan perusahaan, pemasaran juga disokong oleh dana yang tidak sedikit persentasenya bahkan bisa dikatakan sebagai urat nadi bisnis. Seorang CMO yang kompeten akan dapat melakukan pengukuran kinerja tim pemasaran perusahaan dan menjelaskan kepada para pemegang saham dan pemangku kepentingan mengenai perubahan yang terjadi terkait dengan kegiatan dan strategi pemasaran perusahaan. (ap)

No comments: